Kamis, 31 Desember 2015

Aroma Mistis Pantai Parangtritis


Di publikasikan di Belantara Indonesia klik disini

Fotografer by Winda Cahya Kurniawan

Suaranya menggelegar,sudah terdengar ketika saya berada di parkiran. Akan membuat siapa saja penasaran, sekalipun saat itu gerimis sedang mengundang. 

Pantainya indah, banyak wisatawan yang memilih mengunjunginya. Walaupun  tergolong pantai selatan, kadang itu yang membuat orang mulai berdatangan.

Bertandang ke Jogjakarta rasanya tidak lengkap kalau belum berkunjung ke tempat wisata ini. Sekalipun banyak pantai yang menghiasi daerah istimewa Jogjakarta,  tapi Parangtritis  lah yang memiliki eksistensi lebih dulu. Pantai dengan hamparan pasir hitam ini memiliki magnet yang cukup kuat. Sekalipun tak sedikit cerita mistis yang menghiasi kawasan ini, tapi tak menyurutkan niat warga yang ingin mendatanginya. 


Pasir hitam pantai Parangtritis 


Kemarin memang kesempatan saya untuk mengeksplore lagi tempat ini. Melihat pantai yang kebetulan dipadati pengunjung karena long weekend,  tak mengendorkan niat  saya untuk menikmati suasananya. Bersantai, menyerahkan diri, bersatu dengan alam lalu membiarkan sejenak pikiran saya lepas dari tempatnya.  Terasa begitu damai, hal yang tidak saya dapatkan ketika kembali bergelut dengan aktifitas keseharian saya. Sekalipun mungkin  lebih dari  ratusan orang memilih liburan di tempat ini dalam waktu yang sama, tapi ketenganan tetap menghampiri saya. Senyap, di temani ombak yang kadang membuat hati menjadi tak karuan. Saya terkadang agak ngeri dengan ombak besar yang di tawarkan pantai ini. Takut terjadi hal yang buruk, tapi saya tetap  yakin selama  doa masih menyelimuti diri saya, inshaAllah Tuhan masih memeluk saya dan tidak membiarkan hal buruk terjadi.  
  
Ombak berirama pantai Parangtritis


Sekalipun begitu, ada hal yang berbeda. Memang, ada beberapa hal yang tidak serta merta bisa di jelaskan.Ombaknya memang tak henti-hentinya menyembur ke tepi pantai, tapi seakan-akan ada pesan yang ingin disampaikan. Entah apa itu, tapi beberapa tahun yang lalu ketika saya berkunjung ke tempat ini sesuatu yang sama terjadi. Tapi, semuanya memang akan menjadi rahasia dari sang empunya alam semesta ini. 

Melepas penat, memandang laut lepas

Terlepas dari itu,  Parangtritis  memang sedikit “berbeda” dari pantai lain. Menurut penuturan  warga , pantai istimewa ini juga sering disebut-sebut sebagai gerbang  menuju  kerajaan  Ratu  pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Ratu yang sering di gembor-gemborkan sebagai penguasa jajaran  laut selatan ini memang unik. Konon katanya Ratu  tersebut sangat menyukai warna hijau. Jadi  masyarakat percaya bahwa tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau ketika berkunjung ke  tempat ini. Atau siap-siap akan menjadi budak dari kanjeng Ratu selatan tersebut. Memang sulit  di terima oleh nalar, dan mungkin mitos ini  juga terlanjur menjadi keyakinan  di kalangan  masyarakat umum. 

Menikmati ciptaan Tuhan 


Tapi selain itu, bukankah memang sudah di jelaskan dalam Al-Qur’an bahwa  perkara  gaib itu ada, jadi kita wajib mempercayai nya. Apalagi budaya jawa masih kental dengan adat dan tradisi nenek moyang, sehingga hal-hal seperti itu masih melekat di kehidupan masyarakat  jawa. Dan lagi, Parangtritis juga setiap tahunnya di adakan larung sesaji pada tahun baru hijriah atau dalam perhitungan jawa disebut suro sehingga pantai ini lebih terlihat mistis lagi.  

Pantai Parangtritis



Berbicara tentang mitos dan kepercayaan memang  tidak ada habisnya. Sekalipun bisa dijelaskan secara ilmiah bahwa Parangtritis merupakan pantai yang memiliki ombak yang sangat ganas “rip current” dimana ombak tersebut sangat mematikan. Tapi, Akan ada lagi dan lagi pendapat yang lain. Maka  biarlah Allah  yang menjadi sebaik-baiknya pemegang rahasia isi jagat raya ini. Wallahu a’lam bissawab.

Berbicara lagi tentang keindahan pantai Parangtritis,  di tenpat ini juga terdapat penyewaan kuda untuk pengunjung. Selain itu juga,  ada dokar dan ATV  yang siap melayani kalian yang ingin berkeliling di tempat ini tanpa harus berjalan kaki. Untuk yang bosan duduk-duduk cantik, disini kalian juga bisa bermain laying-layang karena banyak juga penjual layang-layang dengan harga terjangkau. Dan untuk oleh-oleh, di kawasan ini juga berjejeran penjual oleh-oleh dengan berbagai barang yang ditawarkan. Tak lupa juga tak sedikit warung berdiri di tempat yang dekat dengan parkiran. 

Berkuda berkililing pantai


Tersedia juga penyewaan ATV   

Jadi jangan merasa canggung lagi ketika berkunjung ke pantai Parangtritis  ini karena berbagai aktifitas  bisa  dilakukan disini.

Yang lebih penting  kalian juga harus menjaga diri dan berhati-hati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar