Jumat, 04 Desember 2015

Kenapa harus pikir panjang, ayo traveling!



Jadi kapan kita kemana?

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Melihat berbagai keindahan yang telah diciptakan Tuhan secara sangat sempurna ini.

Tetapi banyak orang yang masih beranggapan bahwa jalan-jalan tidak membawa banyak manfaat malah akan membawa mudhorat untuk diri kita. Padahal pemikiran seperti itu adalah salah satu pemikiran yang kuno kalau menurut saya. Traveling memang identik dengan bersenang-senang tetapi menurut saya, traveling adalah salah satu bentuk dalam mensyukuri hidup. Bukankah badan dan fikiran kita juga butuh untuk beristirahat? Toh mesin saja juga butuh waktu istirahat. Apalagi kita manusia, yang bisa dibilang sebagai mesin yang tidak pernah berhenti beroperasi. Sekalipun istirahat disini buka melulu tentang tidur, tapi kita berlibur juga bisa dibilang beristirahat khususnya untuk pikiran kita.



Kadang untuk memutuskan akan traveling banyak sekali hal yang perlu di pertimbangkan, hal yang paling mendasar memang budget yang harus dipersiapkan. Memang penting, tapi traveling kan tidak harus membutuhkan banyak biaya. Tergantung kita yang ingin pergi kemana, kalau memang nan jauh di mato yah jelas membutuhkan budget yang lebih tetapi kalau disekitar kita masih banyak tempat refreshing kenapa harus yang jauh. Dan traveling kan juga tergantung kebutuhan. Kalau memang hanya untuk mencari udara segar kan bisa di tempat indah dan tidak mengeluarkan banyak biaya seperti di pantai atau di daerah pegunungan. Tetapi kalau memang memiliki kerja yang mengharuskan bepergian jauh itu lain lagi. Jadi jangan terlalu banyak alasan, tapi langsung saja angkat tasmu dan berangkat. 



Yang lebih penting lagi kadang orang-orang sangat memperhatikan penampilan sebelum pergi traveling. Penting sih, tapi kalau kelamaan mikir soal gaya nanti basi dan tidak jadi pergi, sangat merugikan. Sebagai contoh seseorang dengan penampilan syar’I bisaanya akan susah di ajak traveling ke alam terbuka seperti gunung dan lain sebagainya. Padahal kita yang berpenampilan syar’I tetap bisa kok melakukan  hal yang banyak di lakukan oleh orang lain. Toh, penampilan kan tidak bisa membuat kita menjadi semakin sempit ruang geraknya. Asalkan memang tidak keluar dari aturan yang berlaku.





Malahan banyak sekali keuntungan kalau kita traveling dengan penampilan yang tetap syar’I seperti orang akan lebih menghargai kita sebagai seorang wanita dan lebih lagi kita akan lebih terjaga dengan pakaian syar’I yang sedang kita kenakan. Jadi berpenampilan syar’I atau yang lain ,tidak akan menyusahkan kita kalau memang kita benar-benar berniat untuk traveling.


Dan lagi, kadang orang berfikiran bahwa lebih baik dirumah daripada menghabiskan waktu untuk traveling. Karena banyak juga yang beranggapan bahwa traveling merupakan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Padahal anggapan tersebut merupakan anggapan yang sangat kurang benar.  Karena Traveling akan membawa kita pada fase yang baru. Fase dimana kita akan lebih menyadari bahwa kehidupan yang sesungguhnya berada di luar pintu rumah kita. Dan  akan ada banyak pembelajaran yang membuat kita mengerti bahwa hidup bukan hanya tetang aku dan mereka tetapi tentang kita semua. Kalau memang selama ini belum mendapatkan hal yang baik dari traveling, mungkin karena niat yang memang tidak berbanding lurus dengan action nya.

Waktu juga merupakan salah satu penghambat kita untuk pergi traveling. Memang sih, kita yang sibuk akan memiliki sedikit waktu untuk memikirkan tentang traveling. Tapi kalau lama-kelamaan terus seperti itu, bagaimana kita bisa menikmati hidup kita. Nanti kita bakalan tidak menyadari bahwa kita telah melewati banyak waktu dengan kesibukan kita. Dan kita lupa bahwa ada saatnya kita harus membebaskan diri kita dari beban yang sedang mengelayuti. Luangkan waktu sejenak untuk pengalaman yang tidak akan kita dapatkan hanya di balik meja kerja.



Kesimpulan dalam tulisan ini adalah jangan terlalu memikirkan banyak hal hanya untuk pergi traveling. Toh, pengalaman yang kita dapatkan dari traveling tidak akan pernah membuatmu merasa rugi. Traveling akan membuatmu semakin kaya.

Resah? Mudah marah? Sudah saatnya traveling!
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar